About Me

My photo
Saya seorang ibu rumah tangga. Selain mengurus anak dan rumah tangga, Saya juga owner "Toko Sprei Waterproof Zilah" dan "Rumah sprei jakarta" Hub saya di : Sms/whatsapp/line/telegram 085283386280

Thursday, May 20, 2010

Apa beda laptop dan notebook?



Kelihatannya hal ini sangat sederhana, tapi banyak juga yg bingung lho..
Apakah notebookk dan laptop itu satu barang yg sama?
Berikut beberapa istilah yang bisa menjelaskannya..



Personal Computer
Ketika komputer masih ditaruh diatas meja, istilah untuk komputer pribadi (bukan komputer kantor) dinamakan PC (personal Computer). Komputer ini terdiri dari CPU,monitor dan keyboard untuk mengetik. Printer biasanya diluar sistem ini karena sering kali tidak diperlukan seketika. File bisa disimpan untuk dicetak ditempat lain. PC juga mendapat istilah lain yaitu desktop, yaitu komputer yang ditaruh diatas meja (desk).

Laptop

Kemudian muncullah komputer yang portable dalam bentuk yang ringkas. CPU, monitor dan keyboard menyatu dalam bentuk seperti buku, bisa dibuka sebelum menulisnya. Karena PC yang diatas meja disebut desktop, maka komputer portable jg mendapat istilah yg sepadan yaitu laptop. Hal ini terjadi karena umumnya pengguna komputer portable menaruhnya diatas pangkuan (lap).

Desknote

Selain PC yang biasa diatas meja ada juga komputer portable dengan ukuran lebih kecil dari PC namun tidak memiliki baterai. Untuk tenaganya, disupply langsung dari listrik. Penggunaan listrik ini untuk mempermurah harganya karena harga bateri lumayan tinggi. Disebut desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk menggunakan lebih banyak ditaruh dimeja dengan menghubungkan ke listrik sebagai sumber tenaganya.

Notebook
Setelah populer laptop lalu lahirlah laptop dengan ukuran lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku sehingga mendapat istilah notebook.

Subnotebook
Adalah notebook yg ukurannya lebihkecil dari notebook. Notebook umumnya memiliki layar 14 inchi sedangkan subnote antara 10-13 inchi.

Palmtop
Perkembangan berikutna, bentuk komputer portable semakin kecil. Sampai-sampai ukurannya bisa ditaruh di telapak tangan (Palm). Untuk jenis kompter ni mendapat istilah palmtop.

PC tablet
Dengan perkembangan teknologi, kerap orang membutuhkan cara berkomunikasi lain dengan komputer portable bersangkutan yang tidak hanya menggunakan keyboard tetapi juga alat tulis seperti pencil yg dinamakan stylus. Bukan Cuma itu, untuk memudahkan saat menulis notebook canggih ini juga bisa dilipat 360 derajat sehingga penggunanya bisa menulis diatas layar menggunakan stylus.

Netbook
Istilah ini baru datang belakangan. Ada banyak orang yang memerlukan setiap saat terhubung dengan internet untuk keperluan chatting, meng-update blog dan sebagainya. Mereka memerlukan perangkat yang ringan. Dari sinilah lahir netbook atau notebook untuk netter.

Rugged laptop
Ada juga laptop yang digunakan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan, atau tempat kerja lain yang mungkin saja akan membuat laptop kena benturan keras. Untuk keperluan ini lahirlah laptop yg tahan kondisi ekstrim itu yang dinamakan Rugged laptop.

0 comments:

Post a Comment